header1.jpgheader2.jpgheader3.jpgheader4.jpgheader5.jpgheader6.jpg

Pentingkah Company Profile Bagi LKP?

                Kita sering mendengar istilah “company profile” atau biasa juga disebut profil perusahaan. Company profile sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dan wajib dimiliki oleh perusahaan-perusahaan (dunia usaha), lembaga pendidikan, lembaga pelatihan, lembaga sosial, dll. yang sedang beroperasi. Namun tidak sedikit usaha atau lembaga terutama yang berskala kecil mengabaikan atau mungkin tidak memahami pentingnya keberadaan company profile ini.

cp 1

                Lembaga kursus dan pelatihan yang tersebar di seluruh Indonesia juga banyak yang belum memiliki company profile padahal LKP-LKP ini sudah menjalankan kegiatannya selama bertahun-tahun bahkan ada yang sudah puluhan tahun. Biasanya, tidak adanya profil perusahaan pada LKP disebabkan oleh dua hal pertama, pemilik/pimpinan LKP memang tidak mengerti tentang apa itu company profile. Dan kedua, pemilik/Pimpinan LKP tidak tahu bagaimana cara menyusun company profile dimana sebenarnya hal itu bisa diberikan kepada pihak lain untuk membuatkannya.

                Company profile adalah instrument yang sangat penting dimiliki oleh setiap usaha dan atau lembaga karena memiliki manfaat yang sangat besar. Company profile merupakan sebuah media atau alat untuk memperkenalkan perusahaan atau lembaga kepada masyarakat luas (instansi pemerintah, swasta, klien, kostumer, dll) dimana memuat seluruh informasi penting tentang apa dan bagaimana usaha atau lembaga tersebut. Company profile berperan sebagai alat marketing (pemasaran) dan media representasi, pelengkap dalam proposal baik proposal penawaran kerjasama maupun proposal pengajuan program-program pemerintah dan atau lembaga swasta lainnya, dan tentu saja berfungsi sebagai media publikasi dan branding usaha tak terkecuali bagi LKP-LKP.

                Sebenarnya yang harus diketahui bahwa tujuan dari company profile adalah untuk lebih mendekatkan dan mendapatkan segmen pasar baru dalam rangka pertumbuhan usaha. Bagi LKP, company profile akan memberikan informasi yang mendetail kepada masyarakat yang ingin mengikuti kursus/pelatihan keterampilan dan calon peserta kursus sehingga sangat membantu LKP dalam merekrut peserta kursus dan pelatihan pada kelas regular (berbayar).

                Dalam company profile memberikan informasi tentang latar belakang LKP, bentuk pelayanan dan produk, sejarah, visi dan misi, alamat dan nomor kontak LKP, dan lain-lain. Semua informasi tentang hal tersebut disajikan secara terperinci sehingga siapapun yang membacanya akan mendapatkan informasi yang lengkap dan memiliki gambaran mengenai usaha/ LKP tersebut.

                Oleh karena itu sudah seharusnya setiap LKP baik LKP yang baru beroperasi terlebih lagi LKP yang sudah lama berdiri dan beroperasi untuk melengkapi dokumen lembaganya dengan sebuah company profile. Company profile juga dapat dijadikan ukuran bagi masyarakat atau calon siswa untuk menilai seperti apa LKP itu, apakah sebuah LKP yang professional, berpengalaman dan dijadikan tempat yang tepat untuk mengikuti kursus dan pelatihan atau tidak. (Makassar.IN.7/20)